Follow us:
0852-8523-5289 / 0813-1616-0973

LAPORAN SAFARI DAI YAMJA: PEMUDA TSAQIFA

blog-detail-img.jpg
  • 5 Juni 2018
  • YAMJA
  • 07:21

“Syubbaanul yaum rijaalul ghad (Pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan).” Begitu pepatah Arab bilang.

Berkumpul dengan pemuda selalu mengalirkan energi segar. Seakan terpacu semua adrenalin dalam tubuh untuk selalu bersemangat seperti mereka dalam setiap aktivitas.

Ahad (20/05) lalu, saya berkesempatan berjumpa dengan beberapa orang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Tampaknya, pesona Mushalla Al-Imam Asy-Syafii, tempat saya tinggal, cukup kuat menjadi magnet bagi para pemuda ini. Jadilah mushalla ini sebagai “convention hall” kami petang itu.

Hari itu kami agendakan belajar bersama cara mengajar Al-Quran Metode Tsaqifa. Metode yang disusun spesial untuk mereka yang benar-benar belum bisa baca al-Quran dari nol.

WhatsApp Image 2018-05-29 at 17.07.53

Ditargetkan, dengan lima kali pertemuan, murid sudah akan bisa membaca al-Quran.

Metode inilah yang disosialisasikan oleh Kafilah Pembelajar al-Quran Nusantara bersama Yayasan Amal Mulia Jakarta dan beberapa elemen umat lainnya ke pelbagai penjuru negeri dalam program “Safari Guru Ngaji 3” tahun ini.

Dengan mengajarkan Metode Tsaqifa kepada para mahasiswa saya berharap usaha pemberantasan buta aksara al-Quran akan semakin masif dilakukan oleh setiap Muslim di setiap tempat.

Utamanya, para mahasiswa ini satu saat nanti memiliki peluang besar mengadakan program-program dakwah dan pengajaran al-Quran ke seluruh pelosok Kalimantan saat mereka pulang ke kampung halaman masing-masing.

Atau, bahkan lebih luas lagi. Sebab, rata-rata mereka berasal dari luar Pontianak.

Metode Tsaqifa mudah-mudahan bisa menjadi salah satu bekal mereka ketika masa-masa itu tiba.

Gathering kita sore itu ditutup dengan buka bersama dengan menu khas Mushalla Cantik.

Semoga momen singkat itu mampu membekaskan setitik dua titik warna rabbani di tubuh calon-calon pemimpin umat masa depan ini.* (H.S.Safari Guru Ngaji 3–Bersama KPQN & Yayasan Amal Mulia Jakarta)

 
Tags: