Follow us:
0852-8523-5289 / 0813-1616-0973

LAPORAN SAFARI DAI YAMJA: KEGIATAN AWAL

blog-detail-img.jpg
  • 5 Juni 2018
  • YAMJA
  • 07:09

Setelah sampai di lokasi dakwah, maka dai YAMJA melakukan persiapan. Begitu memasuki bulan Ramadan, kegiatan pun langsung berjalan. Sebagaimana lazimnya dai, maka waktu efektif menyampaikan melalui kajian dan khutbah. Dakwah itupun dilakukan oleh dai YAMJA. Berikut ini adalah dokumentasi kegiatannya :

H2OK

Berikut ini adalah catatan perjalanan dai YAMJA yang sedang menjalankan PROGRAM SAFARI DAKWAH :

Kuliah Subuh
Jumat Subuh, 2 Ramadhan, adalah kali pertama saya menyapa jamaah Mushalla Al-Imam Asy-Syafii di majelis ilmu. Di momen kajian subuh pagi itu saya berbicara di hadapan hadirin yang rata-rata sudah memiliki antusiasme menuntut ilmu.

Bahkan, ketika si pemateri terbilang berusia di bawah mereka pun, jamaah tetap rela menyimak hingga usai.

Pihak DKM menempatkan jadwal kajian keilmuan di waktu setelah subuh, bukan tanpa tujuan. Tampaknya, mungkin saja, DKM ingin membiasakan jamaah untuk mengerjakan shalat dhuha di awal waktu.

Kira-kira 15 menit setelah terbit (syuruq), matahari mulai naik meninggi (isyraq). Saat itulah, shalat dhuha mulai boleh dikerjakan. Sebagian ulama menamakan shalat dhuha di awal waktu itu sebagai shalat isyraq.

Nah, kata Nabi, orang yang mengerjakan shalat isyraq ini akan mendapat pahala sempurna laiknya orang yang berhaji dan berumrah.

Syaratnya, dia mengerjakan shalat subuh berjamaah di masjid, setelah itu tetap berada di masjid untuk berdzikir, membaca al-Quran atau mendengarkan ceramah agama. Dan, diakhiri dengan shalat 2 rakaat ketika tiba waktu isyraq.

Menurut keterangan sebagian ulama, wanita yang melakukan serangkaian aktivitas yang sama seperti itu, meskipun ia lakukan di tempat shalat pribadinya di rumah, tetap akan mendapat peluang pahala yang sama dengan laki-laki yang mengerjakannya di masjid.

Untuk salah satu tujuan mulia di atas, maka kegiatan kuliah subuh di Mushalla Cantik (silakan merujuk postingan sebelumnya) ini berakhir beberapa menit setelah waktu syuruq tiba.* (H.S Tim KPQN & Yayasan Amal Mulia Jakarta-YAMJA)

 

 
Tags: